Kamis, 14 Agustus 2014

Mengapa orang Katholik harus percaya dogma-dogma ?





Apa itu dogma ?

Dogma adalah sebuah pengajaran dari Gereja yang secara implisit maupun eksplisit dinyatakan oleh Kitab Suci atau Tradisi Suci, yang dipercaya oleh umat beriman karena pernyataan agung atau wewenang mengajar yang biasa dari Gereja. Agar sebuah pengajaran menjadi sebuah dogma, kebenaran yang spesifik harus secara formal pernah dinyatakan dan diajarkan oleh Gereja; sebagai tambahan, dogma adalah mengikat umat beriman. Oleh karena itu, penerimaan dogma diperlukan untuk keselamatan.

Perbedaan Dogma dengan doktrin

Secara umum, doktrin adalah seluruh ajaran Gereja dalam hal iman dan moral. Kebanyakan ajaran-ajaran Gereja bukan dogma. Orang beriman hanya diwajibkan untuk menerima ajaran-ajaran itu sebagai dogma, jika Gereja secara jelas dan spesifik mengidentifikasi mereka sebagai dogma-dogma. Berbeda dengan doktrin, dogma adalah kebenaran mutlak. Sejak Iman Katolik kami berasal dari Allah, mereka tidak bisa diperdebatkan, dan mereka tidak dapat dibalik.

Hubungan  Alkitab dan Dogma

Dogma tidak datang dari Alkitab, tetapi dari Wahyu Ilahi. Kitab Suci tidak sama dengan wahyu ilahi, tetapi bagian dari itu. Yesus Kristus mengajarkan hanya secara lisan dan memerintahkan murid-muridnya untuk mengajar secara lisan. Kristen awal hidup dari tradisi lisan, karena kitab suci belum ada. . Alkitab dengan demikian adalah bagian dari Tradisi dalam arti yang lebih besar, di mana ia memiliki prioritas mutlak, karena itu adalah Firman Allah, dan karena itu adalah kesaksian yang tidak berubah dari para rasul Kristus, yang secara penuh dipertahankan Gereja dalam tradisi.


Hubungan Paus dan Dogma

“Wewenang Mengajar Gereja menggunakan secara penuh otoritas yang diterimanya dari Kristus, apabila ia mendefinisikan dogma-dogma, artinya apabila dalam satu bentuk yang mewajibkan umat Kristen 
dalam iman dan yang tidak dapat ditarik kembali, ia mengajukan kebenaran-kebenaran yang tercantum di dalam wahyu ilahi atau secara mutlak berhubungan dengan kebenaran-kebenaran demikian.”  -- Katekismus Gereja Katolik (KGK 88)

Dengan kata lain, wewenang mengajar (Magisterium) Gereja diberi kuasa oleh Kristus untuk mengajar 
(Mat 16:16-19) dan demikian dapat mendefinisikan dogma. 
Dogma dapat diberikan melalui pernyataan agung (solemn definition) melalui Paus ketika dia berbicara ex-catedra , dan juga dalam konsili umum (general council).





Daftar dogma-dogma Katholik
(dalam bahasa Inggris, kata dan artinya lebih jelas dan presisi)

Part 1 : 
1. The Unity and Trinity of God
2. God the Creator
3. God the Redeemer
4. The Mother of the Redeemer
5. God the Sanctifier

Part 2 :
6. The Catholic Church
7. The Communion of Saints
8. The Sacraments
9. Baptism
10. Confirmation
11. Holy Eucharist
12. Penance
13. Holy Orders
14. Matrimony
15. Extreme Unction
16. The Last Things



Refrences:
http://www.theworkofgod.org/dogmas.htm
http://katolisitas.org/2224/dogma-impikasinya-dan-daftar-dogma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar